WELCOME TO BlogMe... "REYNALD MANUEL'S"

Minggu, 04 Agustus 2013

"MEMANFAATKAN BARANG-BARANG BEKAS"

  • BlogMe...
Kamera lubang Jarum (Pinhole camera)

kamera Lubang Jarum

Terpikir untuk mengubah bungkus rokok menjadi sebuah kamera? Mungkin terdengar gila, tetapi ini serius. Kamera model lubang jarum merupakan kamera handmade yang bisa dibuat dari bahan apa pun, mulai dari kaleng hingga bungkus rokok.

Kamera ini mengadopsi sistem yang dibuat oleh view finder kamera yaitu memasukkan cahaya secara langsung dari lensa ke film. Namun, ia tidak memiliki view finder dan shutter speed. Jadi, fotografer harus mengandalkan feelingnya untuk merekam gambar.

Pinhole Camera merupakan sebuah alat memotret yang mengedepankan artistik dan efek-efek seperti vignette dan fish eye. Kamera jenis ini jelas diperuntukkan untuk memotret objek yang tidak bergerak. pinhole akan sulit untuk menangkap objek-objek yang bergerak (bahkan hampir tidak mungkin). Kamera lubang jarum biasanya dibuat dari barang-barang bekas. Umumnya adalah kaleng bekas. 

Kelebihan dari kamera ini adalah yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita dan mudah dibawa ke mana pun. Selain itu karena bentuknya yang tidak seperti kamera, pinhole akan mempermudah fotografer untuk merekam objek di berbagai kondisi.

Namun,  pinhole tidak akan memberikan hasil yang tegas karena kita tidak bisa menghitung berapa pasnya cahaya yang masuk. Dalam memotret menggunakan pinhole, felling yang bermain. Selain itu, pinhole sulit digunakan untuk merekam objek yang bergerak dan foto di malam hari. 

Proses pembuatannya menggunakan piloks dan selotip hitam. Seluruh bagian dalam kaleng dicat warna hitam doff. Lalu pastikan agar tidak ada cahaya yang bisa masuk. Setelah itu, tentukan titik yang akan digunakan sebagai lensa. Beri ia selotip hitam yang telah dialasi kertas, lalu buatlah lubang.

Untuk proses pemotretannya, kamera ini menggunakan proses buka-tutup lubang tersebut. Sebelumnya masukkan kertas film di kamar gelap agar tidak ada cahaya yang bisa masuk. Pastikan kertas yang menimbulkan gambar bisa terkena oleh cahaya. Ketika anda akan memotret, buka selotip yang menutupi bagian kaleng yang bolong. Cahaya yang masuk akan otomatis merekam gambar ke dalam kertas film.

"SEMOGA BERMANFAAT & SELAMAT MENCOBA"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar